Sudah Dewasa: Warisan

Suatu saat saya terhenti mengeksplorasi kesuwungan di YouTube ketika sesosok boneka ini muncul. Alunan biola memanggil saya untuk bertahan sejenak menonton video ini. A really deep and marvelous craft yang seketika mengingatkan saya akan hidup.

Sebelum membaca lebih lanjut, ada baiknya meluangkan waktu sejenak menonton video karya Zealous Creative.

Waktu dapat menguap begitu cepat tanpa meninggalkan pesan. Seketika bayang-bayang malam sudah merebak, meninggalkan sisa-sisa waktu yang ada untuk berpikir: “Apa yang masih dapat dilakukan? Tidakkah terlambat?” 

Alangkah amat baik jika kita menilik sejenak penjelasan dari YouTube Explained.

Menjadi manusia tidak akan dapat menjadi jika kita tidak mengerti apa yang akan kita jadikan. Kamus Oxford mengungkapkan bahwa manusia adalah “Of or characteristic of people as opposed to God or animals or machines, especially in being susceptible to weaknesses:” Bukan Tuhan, binatang, maupun mesin, terutama sangat rapuh akan kelemahan. Kelemahan. Manusia tidak ada yang hidup selamanya di bumi ini. Hanya satu hal yang kita tahu, bahwa ada kekekalan setelah hidup ini yang sudah dijanjikan untuk kita yang mau menerimanya.

What’s next, then? Apa yang harus kita lakukan, sebelum kita pergi ke kehidupan selanjutnya? WARISKAN. Hidup ini singkat. Jika dihabiskan untuk menikmatinya sendiri, tidak akan ada penerus di generasi yang akan datang. Pengubah-pengubah generasi muncul karena ada generasi di atasnya yang mempersiapkan generasi di bawahnya. Legacy is meant to be inherited. Jangan sampai saat kita sadar akan hal ini, hanya tersisa beberapa detik sebelum kita berubah menjadi pelangi dan generasi di bawah kita tidak mengerti apa-apa.

Pada akhirnya, mari kita menjadi generasi yang mewariskan nilai-nilai kehidupan yang kita miliki, sebelum kita hidup selamanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s