Preparasi

Malam ini alih-alih beristirahat menunggu proses pemulihan, malahan duduk di depan rumah melihat Anis mengantar neneknya. Ditemani adik tercinta dengan seorang sahabat yang enggan menunggu antrean di dokter gigi. “Kalau aku ke dokter gigi enam bulan sekali, berarti cuma dua kali setahun kalau sehat.” Aku tahu bahwa yang ia lakukan adalah mempersiapkan giginya agar lebih kuat mengunyah makanan dalam pertempuran piring-piringnya. (supaya bisa makan lebih banyak, haha)

Seakan aku disadarkan. Untuk banyak hal kita harus mempersiapkannya. Tidak bisa dengan metode sekali jadi atau kebut semalam. Pasti tidak tenang. Untuk camp yang akan dilakukan beberapa bulan ke depan, untuk pelayanan yang akan diemban dua tahun, untuk UN-BK yang akan dihadapi–semua butuh persiapan.

Persiapan apa saja yang perlu dilakukan adalah hal dasar yang akan dicapai: jika hendak merubahkan hati, siapkanlah hatimu. Jika hendak menciptakan generasi baru, siapkanlah generasimu. Aku berdoa agar pergerakan di tempat kamu berada akan terus ada sebab kamu sekarang sedang mempersiapkan generasi selanjutnya untuk melakukan hal yang sama.

Semua ini sebenarnya kembali pada satu hal: “hal Kerajaan Sorga seumpama“. Apa yang kita persiapkan sekarang, baik secara rohani maupun jasmani seperti acara camp, persekutuan, event besar, atau mempersiapkan sekolah itu seperti ‘latihan’ untuk persiapan yang lebih besar. Menilik kembali Matius 25, kita pun turut serta dalam persiapan tersebut. Mau tidak mau suatu saat yang masih menyala akan masuk, dan yang tidak beroleh api akan tinggal–di kegelapan.

Karena itu, berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya.
(Matius 25:13)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s