Membara! – 14 November 2015

Untuk membuka kata-kata sehabis ini, boleh kok kalian simak dulu puisi berjudul “Api” di postingan sebelumnya. Puisinya emang ga jelas, maafkan. Hehehe

Oke, kalian yang membaca ini ADALAH manusia berharga yang siap dipakai jadi api. Okay? Kalau belum siap diijinkan untuk menutup jendela kamar ini dan putusin pacar sambungan internet. Tulisan ini memang didedikasiin buat temen2 pengurus komrem yang baru, tapi aku yakin Tuhan kalau mau pakai tulisan ini, bisa kok jadi berkat. Enjoy!

Langsung to the point aja.
Kita adalah terang dunia. Baca sekali lagi, kita adalah terang dunia. Yep, itu berarti kita kudu LEBIH dari yang biasa-biasa. Buat kalian yang diutus Tuhan menjadi pengurus, buat kalian yang tergabung dalam persekutuan, buat kalian yang sudah jarang gabung di persekutuan sekalipun… identisltas kita adalah terang. Sama, semua sama.

Menjadi pengurus itu bukan karena kita cakap atau presensi kita yg ga pernah bolong. Lihat aja Daud. Dia kecil, kemerahan, elok parasnya, tapi diurapi Tuhan lo, jadi raja bansa yg besar. Inget, ini bukan masalah biasa-biasa. Tuhan ngeliat hati, bukan fisik. Kalau kalian mau tahu, dibutuhkan kurang lebih setahun pengamatan, pergumulan, doa, dan pendekatan sebelum nama kalian tercantum sebagai pengurus. Sekali lagi, ini bukan masalah bakat. Ini adalah pilihan Tuhan. Jangan main2 dan jangan mau keluar dari jalurnya Tuhan. Maksudnya, kalau Tuhan berkehendak A, jangan lari ke B. Kalau Yunus diutus ke Niniwe, jangan lari ke Tarsis.🙂

Tujuan utama kalian harus jelas. Apakah Yesus sudah jadi penjuru hidup kita? Apakah Yesus akan menjadi tuan dan inti dari semua ini?

Selama dua tahun pelayanan, kalian dipercaya menjadi mesin motor suatu kegerakan. Motor ini bisa jalan atau engga, terserah motornya. Kalau motornya pengen diem, ya pasti kegerakan nol, alias ga akan gerak. Sebaliknya, motor akan melaju kencang ketika semua mau bersatu memutar bagiannya: jarak yang ditempuh akan amat jauh dari yang disadari. Ini semua bukan masalah bisa atau engga, ini mau atau ga mau. Ga berlaku untuk mesin aja, tapi juga buat semua bagian. Wahai mesin motor, seluruh bagian motor adalah tonggak kalian. Maksudnya, dari jok, spion, knalpot, roda, oli… semua itu yang paling kudu diperhatiin. Jangan fokus sama merk yang dipake, atau lintasan yang akan dilewati, tapi fokus utama kalian adalah tujuan akhir (persekutuan dengan Tuhan) dan juga motor itu sendiri. Gaes, terompet karatan bisa terdengar lebih nyaring daripada terompet emas yang ga dipake dengan baik.

Banyak belajar. Keberadaan kalian ga lepas dari yang sudah lalu dan akan menentukan yang bakal ada. Kakak2 yang udah lulus dan udah kerja bisa jadi teladan (agar ga jatuh atau agar diconto bagusnya) jangan ragu buat curhat sama mereka!

Prioritaskan doa. Kalian melayani siapa, dan tentu majikan harus banyak ditanya apa yang Ia mau. Kita bertugas mendengar dan melakukan. Doa dan baca Alkitab kedengarannya sok suci, padahal itu standar hidup dan nafas hidup terang dunia! Kalo ga pernah baca, gimana kita dapet minyak buat mempertahankan apinya?

Lihat dan jadilah cekatan. Kalau memang suasana ga cocok buat guyonan, jadilah serius. Kalo keliatannya butuh penghiburan, meluculah. Be present, hadir dalam kehidupan seluruh motormu, jangan cuma “hadir” fisik tapi hidupilah kehadiranmu. I mean, fokus sama temen2mu, jangan cuma numpang duduk dan keliatan.

Ga usah malu, karena anak muda itu malu2in (in a good way)

Jaga solidaritas dan jangan bikin perbadaan memicu perpecahan. Be creative aja. Kalau semua orang dipaksa ikut satu cara, gabisa.

Perdalam diri. Logikanya, kita bisa salurin air lewat ember kalo ember itu sudah penuh, bahkan sampe mbludak. Itu mirip dengan kita. Susah kita jadi terang kalau kita sendiri ga berbekal minyak yang cukup. Dalam hal ini, Alkitab adalah minyakmu. YESUS harus jadi topik utama yang dipancarkan.

Jangan eksklusif. Tetep rangkul sahabat kalian, karena sekali lagi mereka adalah unsur terpenting. Sesama pengurus memang perlu saling mengenal (nama, hobi, alamat, bahkan sampe bau kentut) tapi jangan lupain sahabat yang lain juga. Seimbang aja.

Banyak hal yang bisa kalian dapat dari satu kakak, akan lebih banyak lagi dari kakak-kakak yang lain. Selamat melayani! #OneforAll #AllforJesus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s