Sarayu

Eits, penulis tidak sedang jatuh cinta pada Sara yang “ayu”. Ini adalah satu ungkapan kasih dari seseorang yang semrawut terhadap dia yang sudah mentransformasi semua semrawut itu. Tanpanya, mungkin sekarang penulis sudah ada di bawah batu nisan. Atau sekarang sedang bergantung di tali tambang dengan darah segar menetes di bawah.

Di penghujung bulan Valentine ini, kasih memang adalah hal utama yang dibahas oleh anak muda. Kasih membutuhkan pengorbanan. Kasih mengharuskan kepekaan. Kasih terkadang terlihat satu arah. Rambu-rambu dunia memang seringkali menjadi peluang yang besar bagi “Bapa segala kebohongan” untuk bekerja dalam hidup kita. Mungkin kita sudah melakukan hal-hal defensif dengan mengikuti pendalaman iman, aktif pelayanan, menjadi pengurus komisi, tidak pernah bolong baca Alkitab. Namun bukan hal itulah yang menjadi kunci. Itu hanya penghubung. Rambu dunia ini digunakan iblis dengan mudahnya untuk merubah tatanan hidup ini terlihat semakin runyam.

Well, manusia tidak akan pernah bisa menghadapi hal ini sendiri. Itulah faktanya: manusia tidak akan pernah bisa menghadapi hal ini sendiri. Keluarga, sahabat, pembimbing rohani memang bukan diri kita sendiri (berarti kita menghadapinya bersama), tetapi bukan itu yang Dia mau.

Kita sebagai manusia sudah diberi GPS. Seperti yang sudah penulis ketik, kasih mengharuskan kepekaan. Tinggal kasih inilah yang bisa membuat kita ‘aman’. I mean, jadilah peka terhadap suara Dia. GPS ini berbeda, GPS ini akan memberikan jalan terbaik untuk tujuan kita; dan ketahuilah bahwa tujuan itu hanya GPS yang tahu.

Memang terlihat asyik ketika kita ‘melanggar’ aturan GPS. Sebab GPS tentu akan melihatkan jalan lain yang kita pilih. Namun percayalah bahwa dampak GPS ini besar.

Penulis hanya bisa sebatas ini memberi tahu. Penulis juga sedang belajar. Satu hal yang pasti, GPS ini kunci, dengan panggilan oleh penulis Sarayu, yang tak akan lelah mentransformasi kesemrawutan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s