Infopedia – Rahasia ‘Hybrid’ Harimau Putih

Hai guys, sudah lama tak berjumpa!   Ini adalah post-ku yang pertama, di tahun 2012!! #yippie!! !(^_^)!

Hmm…. Ingat tidak, tentang post yang judulnya: “10 Hewan Terpopuler di Kebun Binatang”, bulan November tanggal 11… Ingatkan? Di urutan ke-9, terdapat istilah White Tiger.. Ya, itu adalah hewan yang lucu, menakjubkan, dan sering dibilang “langka” oleh beberapa orang.  Namun, apa yang sebenarnya terjadi di belakang semua itu? Adakah perselisihan dan kejahatan?  Mari kita lihat…. #cekidot

Harimau putih, seringkali digolongkan sebagai hewan yang istilah bahasa Inggrisnya, “Extinct In the Wild” atau artinya “Punah di Alam Liar”.  Maksudnya, hewan itu hanya ada di penangkaran, kebun binatang, dan beberapa daerah yang bukan habitatnya.  Padahal, sebenarnya…. Harimau putih adalah seekor hewan hasil kawin sedarah, dan kawin silang!

Harimau putih mulai dikenal pada tahun 1950’s, yang dinamakan Mohan, dari India.  Ia adalah seekor hasil ‘buruan’ kawin silang, dari spesies Panthera tigris tigris dan Panthera tigris altaica.  Dikawinkan sebenarnya untuk membuat sub-spesies yang lebih besar, namun yang ditemukan adalah seekor bayi harimau putih.  Semua harimau putih adalah keturunan Mohan, yang dikawinkan dengan anaknya sendiri.  Sungguh disayangkan, sampai sekarang, pihak kebun binatang ‘mengaku’ bahwa itu adalah spesies langka, padahal sebenarnya keturunan darah kotor, hasil campur tangan manusia.  Beberapa bilang itu adalah hasil reproduksi asli.  Sangat disayangkan…

Banyak hewan tersiksa dengan adanya pengembang-biakkan hibrida.  Seperti halnya persilangan singa jantan dan harimau betina yang melahirkan liger yang amat sangat besar, atau tigon yang berasal dari jenis sebaliknya. Beberapa lahir cacat, tidak diterima di kawanan, umurnya pendek, dan terkena penyakit mematikan. Mengapa? Sebab, hal ini tidak biasa di alam liar!

Padahal, di hutan, 1 dari 1000 ekor harimau bengal dapat melahirkan harimau putih, yang walaupun toh anaknya nanti oranye kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s