Infopedia – 10 Hewan Paling Populer di Kebun Binatang

Version 22.03.99

Hai guys, kali ini kita akan melihat, 10 hewan paling populer di kebun binatang di serluruh dunia, yang paling dicari, yang paling disukai ,dan lain-lain!! (Versi Acer!)

10. Gorilla

Gorilla, hewan asal Afrika ini adalah salah satu primata terbesar di dunia.  Gorilla dibagi menjadi beberapa sub-species, tapi yang Acer tahu hanya 2, yakni Lowland Gorilla dan Mountain Gorilla

Mountain Gorilla

Lowland Gorilla

Gorilla adalah hewan yang digolongkan CR (Critical Endangered / Sangat Kritis–hampir punah) karena habitatnya yang dihanguskan oleh manusia, untuk kepentingan spesiesnya sendiri.. Beruntung, beberapa kelompok tergerak hatinya untuk membuat konservasi bagi spesies ini.  Seperti: Pusat Primata Schmutzer, di Ragunan.  4 Gorilla jantan berhasil dibuat nyaman di sini.

Beberapa kebun binatang berhasil mengadopsi dan merawat gorilla, seperti Pusat Primata Schmutzer, Beuval Zoo di Perancis, dan beberapa kebun binatang lainnya.

9. White Tiger

Harimau putih dari India ini adalah unggulan beberapa kebun binatang, seperti Bali Safari and Marine Park.  Ranthambore, tempat tinggal Harimau asal India ini berhasil menarik pengunjung, dari seantero Asia!  Bahkan, Bindi Irwin, anak dari Steve Irwin juga pernah datang kemari!

Kebun binatang dengan Harimau Putih bisa dibilang akan mendapat banyak pengunjung, apabila pihak kebun binatang dapat merawat dan membuat habitat di kandang tampak seperti aslinya.

Ranthambore Exhibit di Bali Safari and Marine Park

8. Orangutan

Hewan langka asal Indonesia ini adalah salah satu hewan langka di dunia!  Jumlahnya yang hanya <1000 di kedua pulau Sumatera dan Kalimantan menyebabkan pengunjung sangat mencari hewan ini.  Orangutan dibagi menjadi beberapa sub-species, tapi yang Acer tahu hanya Orangutan Sumatera (Pongo abelii) dan Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus)  Orangutan yang langka adalah jenis Sumatera, yang hanya <300 spesies di habitat aslinya.

Pongo pygmaeus

Pongo Abelii

Orangutan, walau digolong langka tapi tak jarang ditemui di kebun binatang di seluruh Indonesia, misalnya, Columbus Zoo di Ohio, U.S.A,  Smithsonian National Park, Washington, D.C, U.S.A.  Bahkan ada fasilitas di Singapore Zoo dan  Smithsonian National Park, yakni jembatan tinggi menjulang berbentuk kabel di atas pengunjung untuk menyeberangi kandang.  Jadi Orangutan tidak stres di kandangnya

7. Jaguar

Jaguar

Hewan asal Amerika Selatan ini adalah salah satu dari berbagai spesies kucing besar.  Walau jaguar belum digolongkan menjadi spesies langka, tetapi jangnlah manusia membabat seluruh hutan, agar spesies ini tetap terjaga kelak.  Beberapa kebun binatang sering memunculkan hewan ini.

6. Komodo

Komodo Dragon

Komodo adalah reptil terbesar hingga sekarang, yang masih hidup, dan tinggal di Indonesia!  Maskot Sea Games ke-XXVI ini adalah salah satu fauna asli asal Indonesia, yakni Pulau Komodo.  Hewan ini mulai tergolong langka, jadi jangan mengusiknya, dan menjadikan Pulau Komodo sebagai tempat Wisata!  Komodo dapat mengeluarkan jutaan bakteri dari air liurnya yang menetes dari lidahnya, yang menyebabkan hewan ini ditakuti oleh beberapa orang dan hewan.

5. Penguin

Emperor Penguin

Di dunia ini ada 18 spesies pinguin yang sudah diketahui, seperti: Yellow-Eyed Penguin, Rockhopper Penguin, King Penguin, Emperor Penguin, African Penguin, Galapagos Penguin, Gentoo Penguin, Adelie Penguin, Fairy Penguin, dan masih banyak lagi.  Pinguin kebanyakan dibilang berasal dari Antartika.  Padahal, 15 dari 18spesies pinguin tinggal di luar Antartika!  Pinguin adalah penyelam dan perenang yang baik, dan mereka memangsa ikan dan udang-udangan di laut.  Beberapa kebun binatang berhasil menampilkan pinguin dengan kandang yang baik, seperti Jurong Bird Park dan Sea World San Diego.

4. Kanguru

Red Kangaroo, spesies terbesar kanguru

Hewan ini adalah hewan asli dari Australia.  Ada 2 spesies yang Acer tahu, yakni Kanguru merah dan kanguru abu-abu.  Kanguru adalah spesies yang jarak lompatnya paling jauh, dan pernah memecahkan rekor melewati jurang.  Steve Irwin berdedikasi untuk Singapore Zoo dalam pembuatan exhibit kanguru.

Beberapa orang seringkali bertanya, “Mengapa kanguru itu kecil, apa itu anak?  Mana induknya?”   Padahal, yang mereka lihat bukanlah kanguru, melainkan Wallaby, spesies kecil dari kanguru.

3. Gajah

Bayi Gajah Afrika bermain dengan bebas di habitat aslinya

Gajah seringkali menjadi tontonan favorit anak-anak.  Mereka sangat senang saat melihat gajah.  Ya, gajah adalah salah satu binatang terbesar di darat!  Beberapa kebun binatang secara sengaja memaksa gajah-gajah (Asia ataupun Afrika) untuk atraksi.  Walaupun mereka cerdas dan kuat, tapi apakah baik bila hewan-hewan lucu tersebut dirantai?

Gajah yang disiksa dengan rantai di kakinya

2. Polar Bear

Polar Bear

Beruang kutub seringkali menjadi perbincangan orang-orang.  Mereka bilang, bahwa tidak baik apabila beruang kutub ditahan di kebun binatang.  Padahal, tergantung dari kebun binatangnya, yang dapat merawat atau tidak.  Alangkah lebih baik jika kebun binatang dapat mengembang-biakkan beruang kutub ini.

Sheba and Inuka di Singapore Zoo

1. Panda Raksasa

Giant Panda

Hewan asala China ini adalah spesies langka dari jenis-jenis Panda.  Logo WWF juga mengambil dari hewan ini.  Hewan ini adalah hewan yang lembut, dan damai apabila tidak diganggu.  Sebenarnya semua spesies juga seperti itu!  River Safari, kebun binatang yang akan dibuka tahun 2012 di Singapura juga akan membuat kandang untuk 2 Panda langsung dari China!

Giant Panda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s