Infopedia – 5 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia

Version 22.03.99 Hai guys, kali ini Acer akan menjelaskan tentang 5 Kebun Binatang Indonesia yang terbaik dari yang terbaik. Hehehe, pasti anda sudah punya unggulan-unggulan sendiri, tapi kali ini, Acer akan menjeleaskan versi Acer… 5. Kebun Binatang Ragunan – Ragunan, Jakarta

Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata Schmutzer

BEST PRIMATE CENTER AND ZOO IN METROPOLITAN  Walau harganya murah, akan tetapi tempat pusat primata ini tak kunjung berkurang pengunjungnya.  Pusat Primata Schmutzer juga terdapat di Kebun Binatang Ragunan ini.  Spesiesnya yang banyak juga meraik pengunjung.  Pusat Primata Schmutzer memiliki berbagai macam spesies primata dari America, Africa, bahkan Indonesia.  Seperti Orangutan, Gorilla, Chimpanzee, dll.. Bakal seneng dech! Kalau datang kemari!

Gorilla Exhibit di Ragunan. Mereka dapat berjalan leluasa!

Tarif : Rp4.000,-/org dewasa, Rp3.000,-/anak 5. Gembira Loka Zoo, Yogyakarta BEST RENOVATION AND INNOVATION ZOO !  Gembira Loka! Itu adalah kebun binatang yang pertama kali saya kunjungi dahulu sekali, waktu kira-kira umur 4 tahun (8 tahun yang lalu)  Dulu kebun binatang ini (bukan menghina; maaf) jelek sekali.  Tetapi setelah 8 tahun renovasi, seperti Reptiles and Amphibian Park, Aquarium, perawatan hewan tambahan, serta studi banding ke Singapore Zoo dan Malaysia Zoo, ditambah Batu Secret Zoo dan Taman Safari di Jawa Timur itu membuat kebun binatang tersebut sudah menjadi Best Zoo in Central Java and D.I.Y! Konsepnya yang open-zoo, ditambah dengan koleksi fauna yang bertambah, maka zoo ini menjadi unggulan Yogyakarta dalam pariwisata. Koleksinya tak tanggung-tanggung, dari kura-kura moncong babi kecil hingga kura-kura raksasa, dari ikan terapi (lupa namanya) sampai Arapaima Gigas, dari simpanse hingga Gajah Asia, semua ada! Juga perawatan yang walau belum sempurna tapi sudah maksimal, oleh para Mahout (istilah untuk petugas gajah) di Gembira Loka Zoo.  Bahkan, kini sudah ada Bird Park di mana ratusan jenis burung dari seluruh dunia berkumpul!  Bahkan beberapa waktu ke depan akan ada pinguin yang datang kemari. Dengar-dengar, akan ada rencana membangun area khusus karnivora besar, tapi ya.. Siapa tahu? A

Foto Pintu Masuk Gembira Loka Zoo

http://gembiralokazoo.com/ TarifRp15.000,-/orang 4. Taman Safari Indonesia – Cisarua, Bogor, Jawa Barat

Singa di Taman Safari

BEST ANIMAL COLLECTION Jangan salah, JaBar juga punya kebun binatang keren lo… Taman Safari ini menghadirkan >200  spesies, Taman Safari Indonesia juga menghadirkan berbagai macam show yang menarik dan menakjubkan.  Beberapa orang juga aka ntakjub bila melihat Penguin Humboldt di ‘kapal bajak laut’, plus diorama Polar Bear (Bekas dari koleksi TSI — mati tahun 2005)  Beberapa pertunjukkan edukasi melengkapi Taman Safari Indonesia ini, seperti: Dolphin Show, dan show-show saat event-event tertentu.  Pengunjung dapat melihat dan berfoto bersama dengan orangutan, singa, jaguar, dsb di Baby Zoo.. http://bogor.tamansafari.com/ Tarif : Rp50.000,- s/d. Rp100.000,-/org 3. Bali Safari and Marine Park – Bali

Logo Bali Safari and Marine Park

Logo Bali Safari and Marine Park

BEST QUALITY Bali kini telah membuka safari yang bisa dibilang baik, luar biasa, bahkan menakjubkan!  Dengan >50 spesies dari berbagai belahan dunia, dan Hotel bertema Lodge, (Mara River Safari Lodge)

Bali Safari and Marine Park Map

Bali Safari and Marine Park kini menjadi pusat rekreasi keluarga di Bali.  Desain yang menakjubkan, dengan nuansa Africa, dan dengan suguhan berbagai macam hewan, Bali kini dilengkapi dengan Bali Safari and Marine Park.  Tapi, lucunya, di sini belum hadir lumba-lumba untuk show ataupun di exhibit-nya! Coba bandingkan dengan Taman Safari Prigen yang sudah memiliki Dolphin Show.

Mara River Safari Lodge

http://www.balisafarimarinepark.com/ Tarif : Rp60.000,- s/d. Rp100.000,-/org 2.  Taman Safari Indonesia 2 – Prigen, Jawa Timur

Peta Kolam Renang TSI 2

Peta Kolam Renang TSI 2

BEST SAFARI AND CONSERVATION PROGRAM Dengan >2000 satwa dari 5 belahan dunia, Taman Safari Indonesia 2 (TSI 2) menjadi tempat wisata sekaligus belajar mengenal satwa.  Taman Safari Indonesia juga menjadi pusat konservasi ex-situ bagi berbagai macam hewan seperti: Gajah Asia,Banteng Jawa, dan lain-lain.  Taman Safari Indonesia 2 telah berhasil mengembang-biakan Banteng Jawa, Gajah Sumatera, dan beberapa ekor satwa lainnya.  Dengan konsep alam terbuka yang membuat pusat konservasi tersebut tetap asri, Taman Safari ini telah membuka berbagai tempat rekreasi keluarga sekaligus pertunjukkan edukasi satwa, seperti: Journey to the Temple of Terror, Sumatran Elephant Education Show, Bird Of Prey Show, Dolphin Education Show,dsb..

Harimau Raksasa Benggala

Baby Zoo di Taman Safari Indonesia 2 – Harimau Benggala

http://tamansafari2.net/ Tarif : Rp50.000,- s/d. Rp90.000,-/org 1.  Batu Secret Zoo – Batu, Malang, Jawa Timur

Logo BSZ

Logo BSZ

BEST MODERN ZOO Wah, lagi-lagi Jawa Timur.  Kebun Binatang Batu ini adalah kebun binatang Indonesia yang terbaik.  Batu Secret Zoo menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Jawa Timur dengan konsep modern.  Dengan bermacam-macam spesies, dan kandang yang masih terawat dan bersih, Kebun Binatang ini menjadi ungulan Batu dan Jawa Timur Park.  Konsepnya yang modern, dan terbuka membuat seluruh satwa di sana merasa nyaman, walaupun terdapat beberapa ekor OrangUtan di kandang tertutup.  Di Kebun Binatang Batu ini juga terdapat Museum Satwa yang bersebelahan dengan Pohon Inn (Hotel Bintang 2). Batu Secret Zoo yang dapat dibilang paling muda, (2 tahun) menjadi kebun binatang paling baik di Jawa Timur dan sekitarnya. Batu Secret Zoo memiliki beberapa Section.  Ada Reptile Garden, yang isinya: Wow! Amajing! Ular, Kodok, Katak, Kadal, dan kawan-kawan, beserta seekor ular mati (sudah diawetkan) yang sengaja ditaruh di bawah kaca ular.  Juga di Aquarium, isinya…. Hiu Karang Sirip Hitam, Clownfish, Polkadot Stingray, dan banyak lagi.  Keren!  Ditambah dengan Savannah, yang tak kalah seru! Terdapat >45 satwa yang tinggal di samping lorong Savannah, yang di-desain se-modern mungkin!  Dengan hany berbatas kaca, pengunjung dapat melihat hewan-hewan yang ada.  Ada Wildebeest, Gemsbok, Gazelle, Zebra, dan teman-temannya dari Afrika!  Juga dapat berinteraksi dengan papan pertanyaan hewan plus Layar Touchscreen berisi games interaktif.  Ada Pasar Afrika juga, yang isinya berbagai hewan pengerat kecil seperti Mongoose, Meerkat, American Prairie Dog, dan juga ada Gajah Asia!  Pengunjung dapat memberi makan gajah lucu yang satu ini!

Pasar Afrika! Batu Secret Zoo

Ada juga, Happy Hippo & Croc! Yang isinya buaya, kuda nil, dengan setting tempat yang sejuk, dan menawan! Pengunjung dapat melihat Kuda Nil lewat kaca di samping meja dan kursi yang sudah disediakan.  Lalu, Eagle.  Isinya, berbagai jenis Elang dari seluruh muka Bumi.  Ada juga KidZone di Fantasy Land, tempat bermain anak! Lalu, ada Safari Farm, tempat di mana celanaku terkena air liur yang menggiurkan *wek* dari Gipsy Horse. Ya, dengan menaiki kereta, pengunjung hanya dengan Rp5000,- dapat memberi makan hewan-hewan dari Peternakan McDonalds! Juga ada Orangutan, di balik punggung Gorilla yang Guede itu..

Giant Gorilla (King Kong) Batu Secret Zoo

River Adventure di Batu Secret Zoo juga tak kalah seru, dengan menyebrangi pulau-pulau yang dihuni bebek, angsa, dan Orangutan! Lalu, pengunjung diantar menuju Tiger Land, tempat Singa Putih, Singa Afrika, Harimau Sumatera, Harimau Benggala, Sevral, Lynx, Jaguar, Leopard, Cheetah (Maskot Cheetos) dan berbagai kucing besar lainnya! Keren banget dech pokoknya!

Hewan di Batu Secret Zoo

http://jawatimurpark2.com/

Fossil di Museum Satwa

Ditambah lagi, ada Museum Satwa yang *mungkin* berskala internasional! Keren! Terdapat Live Show Ice Age, Fossil T-Rex, Mammoth, Stegosaurus, Apatosaurus, dan lain-lain.  Juga pengunjung akan disambut dengan beberapa tempat unik seperti: Sangkar Raksasa, Kran berair tanpa saluran, dan lain-lain.

Sangkar Raksasa

Pengunjung juga dapat memberi masukan kepada JaTim Park 2 lewat form kecil.  Para pengunjung di Museum Satwa juga akan terpukau dengan koleksi serangga di insektarium, yang mencakup kupu-kupu, kepik, ratusan kumbang, serangga kayu, dan keluarganya.  Museum Satwa juga dilengkapi dengan Kazannah Pengetahuan, tempat di mana pengunjung dapat berinteraksi dengan permainan edukatif yang ada, seperti papan mata hewan, kaki hewan, suara hewan, dan ada juga tayangan film edukatif.

Fasilitas Kazannah Pengetahuan

Yang pasti, puas deh kalau ke sini! Tarif : Rp50.000,-/org

2 thoughts on “Infopedia – 5 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia

  1. Batu Secret Zoo, aku salut padamu! GLZ-pun sampai studi banding terhadapmu!
    Bagi Gembira Loka Zoo, saya doakan untuk menjadi yang terbaik, baik dalam pendanaan, perawatan, pengelolaan dan semuanya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s